PENGARUH MODELPEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Limbong, Vida Winata (2016) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7123142053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7123142053 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7123142053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7123142053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7123142053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7123142053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7123142053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7123142053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7123142053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7123142053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7123142053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7123142053 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7123142053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7123142053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7123142053 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7123142053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.7123142053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.7123142053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7123142053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7123142053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.7123142053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.7123142053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pangururan yang terletak di jalan Pangururan-Tomok pada semester genap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan pelaksanaannya dilakukan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Custer Random Sampling, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-pos-test.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre tes kelas eksperimen adalah sebesar 59,1667 dan kelas kontrol adalah 63,5. Dan nilai post tes kelas eksperimen adalah 76,8333 dan kelas kontrol adalah 70,5. Hasil uji thitung adalah 1,750 sedangkan ttabel= 1,672 dengan thitung > ttabel (1,750>1,672) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction pada materi ayat jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 099
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran ;
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:03
Last Modified: 14 Oct 2016 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20540

Actions (login required)

View Item
View Item