Limbong, Vida Winata (2016) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7123142053 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM.7123142053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. NIM.7123142053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM.7123142053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM.7123142053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM.7123142053 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.7123142053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM.7123142053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM.7123142053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM.7123142053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM.7123142053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pangururan yang terletak di jalan Pangururan-Tomok pada semester genap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan pelaksanaannya dilakukan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Custer Random Sampling, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-pos-test.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre tes kelas eksperimen adalah sebesar 59,1667 dan kelas kontrol adalah 63,5. Dan nilai post tes kelas eksperimen adalah 76,8333 dan kelas kontrol adalah 70,5. Hasil uji thitung adalah 1,750 sedangkan ttabel= 1,672 dengan thitung > ttabel (1,750>1,672) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction pada materi ayat jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 099 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran ; |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 08:03 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20540 |