Sigiro,, Sandro Arga (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SANDRO ARGA SIGIRO - COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. SANDRO ARGA SIGIRO - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
4. SANDRO ARGA SIGIRO - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. SANDRO ARGA SIGIRO - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. SANDRO ARGA SIGIRO - BAB I.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
13. SANDRO ARGA SIGIRO - BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XII
IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
Pengaruh lingkungan belajar (keluarga, sekolah dan masyarakat) dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1
Kabanjahe tahun pembelajaran 2016/2017
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik 1 Kabanjahe. Populasi
penelitian adalah sejumlah 135 orang yang terdiri dari tiga kelas dan sampel
penelitian sejumlah 68 orang yang di ambil dengan teknik simple random
sampling. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, angket dan
dokumentasi. Untuk uji insrtument penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas
angket. Teknik analisis data digunakan dengan rumus regresi linier berganda,
untuk uji hipotesis digunakan rumus parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji
Koefisien determinasi (uji R2)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. ada pengaruh positif dan
signifiikan secara parsial antara variabel bebas yaitu lingkungan belajar terhadap
prestasi belajar akuntasi diperoleh nilai thitung 3,198 dan diketahui nilai ttabel 1,668,
maka thitung > ttabel (3,198 > 1,668) 2. bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA
Katolik 1 Kabanjahe Thitung > Ttabel (5,496 > 1,668) 3. ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe nilai Fhitung> Ftabel
(64,132 > 3,99). Untuk uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 sebesar
0,664 dan yang lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Bedasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun
Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 173 |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:52 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20537 |