Siregar, Meilini Fauziah (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342022 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7123342022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. NIM. 7123342022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
3. NIM. 7123342022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. NIM. 7123342022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
6. NIM. 7123342022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 7123342022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 7123142022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
12. NIM. 7123342022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 7123342022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Percut Sei
Tuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi daripada
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang
beralamat di Jl. Irian Barat No. 37 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan
Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII IS yaitu sebanyak 160 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas, kelas XII IS-1 yang berjumlah 24 orang
dan kelas XII IS-2 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang
berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka
dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf
kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
dengan menghitung nilai rata-rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji
homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan
kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata pre-test yaitu sebesar 46,25 dengan standar deviasi 9,12 dan nilai ratarata
post-test yaitu sebesar 74,79 dengan standar deviasi 7,29. Dan pada kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 49,58 dengan standar
deviasi 8,95 dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesar 81,25 dengan standar
deviasi 6,63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan
= 0,05. Pada post-test hasil belajar diperoleh thitung = 3,20 sedangkan ttabel = 1,680
dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar
yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 142 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Jobsheet; Metode konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20536 |