Fitri, Siti Rama (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7123142049.COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.NIM.7123142049.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
3.NIM.7123142049.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5.NIM.7123142049.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6.NIM.7123142049.TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7.NIM.7123142049.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8.NIM.7123142049.APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9.NIM.7123142049.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
13.NIM.7123142049.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14.NIM.7123142049.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi
siswa kelas XI AK SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Swasta PAB 2
Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Swasta PAB 2
Helvetia yang berjumlah 70 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel
penelitian ini terdiri dari kelas kontrol 30 orang pada kelas XI AK 1 dan kelas
eksperimen 30 orang pada kelas XI AK 2. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20
soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji
normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan
uji t dengan kriteria hipotesis diterima apabila thitung > ttabel pada α = 0,05.
Pengujian hipotesis diperoleh thitung 5,556 dan ttabel 1,671 maka thitung > ttabel.
Dengan demikian hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan
penggunaan model pembelajaran Problem Posing adalah nilai rata-rata pre-test
44,5 dengan standar deviasi 8,94 dan rata-rata post-test 81,2 dengan standar
deviasi 8,17. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode
konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 44,7 dengan standar deviasi 9,37 dan
rata-rata post-test 69,7 dengan standar deviasi 9,09. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikan 95% dengan α = 0,05 yang
diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,556 > 1,671 dan dengan demikian hipotesis dapat
diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding dengan
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas
XI AK di SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 133 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing;; Metode Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20533 |