Simatupang, Monalisa (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121142014 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 7121142014. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. NIM 7121142014. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM 7121142014. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM 712114204 DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM 7121142014. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 7121142014. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 7121142014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 7121142014 BAB 1.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM 7121142014 BAB 5.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 7121142014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa
kelas XI di SMA Negeri 1 Delitua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 DELITUA T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Delitua Jalan Pendidikan
No. 1 Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS
yang berjumlah 147 orang dan sampel berjumlah 60 orang. Instrumen yang
digunakan untuk mengukur kreativitas guru dan fasilitas belajar berupa angket
yang berjumlah 20 butir soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen
(DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan
menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus
regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial
uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah dilakukan uji validitas pada ke 20 butir instrumen dengan masingmasing
variabel hasil yang diperoleh keseluruhan instrumen soal valid. Untuk
hasil uji reliabilitas angket kreativitas guru (X1) diperoleh 0,737 > 0,312 (r11 >
rtabel) sedangkan untuk angket fasilitas belajar (X2) diperoleh hasil 0,766 > 0,312
(r11 > rtabel). Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear
Y = 4,455 + 0,322 X1 + 0,475X2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis kreativitas
guru diperoleh thitung sebesar 3,222 sedangkan ttabel = 1,672 dan pada fasilitas
belajar di peroleh thitung sebesar 4,750 dan ttabel = 1,672 . Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dan untuk
uji f diperoleh Fhitung sebesar 58,164 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 %
sebesar 3,16 berarti Fhitung > Ftabel (58,164 > 3,16) maka hipotesis Ha3 diterima
atau ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dan fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1
DELITUA T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 156 |
Keywords: | Kreativitas guru; Fasilitas belajar; Prestasi belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:25 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20532 |