Siahaan, Fransiska (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA YAPIM SIMPANG KAWAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342011 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 7123342011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 7123342011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 7123342011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 7123342011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 7123342011 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 7123342011 GRAPH.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 7123342011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM. 7123342011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM. 7123342011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 7123342011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat
Tahun Pembelajaran 2015/2016
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yapim Simpang Kawat
yang beralamat di Jl. Besar Simpang Kawat No. 24 B Kecamatan Air Batu –
Kabupaten Asahan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan
jumlah siswa 80 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI AK 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas
terdiri dari 40 orang. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah
tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu
diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji
daya beda. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan
uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis
dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel
pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest
X = 38,5; SD = 9,88 dan postes X = 71 ; SD = 14,98. Sedangkan kelas kontrol
pretes X = 35,38; SD = 9,43 dan postest adalah X = 52,25 ; SD = 15,27.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari
data perhitungan hipotesis thitung sebesar 5,63 sedangkan ttabel = 2,01. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,63 > 2,01 sehingga
Ha diterima dan Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara model Pembelajaran Children Learning in Science Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat Tahun
Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 114 |
Keywords: | Model Pembelajaran Children Learning in Science; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 07:04 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20527 |