Sitanggang, Frans Warren (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142021 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7123142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM. 7123142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 7123142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 7123142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 7123142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 7123142021 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM. 7123142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 7123142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 7123142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 7123142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Masalah Dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional pada siswa kelas XI SMA RK Deli Murni Deli Tua. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK
Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA
RK Deli Murni Deli Tua. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas,
yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS2
yang berjumlah 30 orang pada kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan
adalahrandom sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas
ekperimen = 53,167 dengan Standar Deviasi = 13,739 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching = 82,333 dengan
Standar Deviasi = 10,806. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol =
51,167 dengan Standar Deviasi = 11,721dan nilai rata-rata post-test siswa kelas
kontrol= 73,833 dengan Standar Deviasi = 9,439. Dari analisis data yang diperoleh
bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung <
Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung
> ttabel (3,630 > 1,6723), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan
95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 58.
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada
siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 168 |
Keywords: | Model Pembelajaran Guided Teaching; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20525 |