PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2016/2017

Sitanggang, Frans Warren (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123142021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123142021 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123142021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123142021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123142021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123142021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123142021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123142021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123142021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123142021 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123142021 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123142021 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123142021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123142021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123142021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123142021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123142021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123142021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123142021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Masalah Dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional pada siswa kelas XI SMA RK Deli Murni Deli Tua. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA RK
Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA
RK Deli Murni Deli Tua. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas,
yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XII IPS2
yang berjumlah 30 orang pada kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan
adalahrandom sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas
ekperimen = 53,167 dengan Standar Deviasi = 13,739 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching = 82,333 dengan
Standar Deviasi = 10,806. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol =
51,167 dengan Standar Deviasi = 11,721dan nilai rata-rata post-test siswa kelas
kontrol= 73,833 dengan Standar Deviasi = 9,439. Dari analisis data yang diperoleh
bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung <
Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung
> ttabel (3,630 > 1,6723), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan
95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 58.
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada
siswa kelas XII IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 168
Keywords: Model Pembelajaran Guided Teaching; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 06:56
Last Modified: 14 Oct 2016 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item
View Item