Pasaribu, Risma Hildawati (2016) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DAN KECERDASAN KREATIF SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 RANTAU UTARA RANTAU PRAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7121142018 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM.7121142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4.NIM.7121142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3.NIM.7121142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5.NIM.7121142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6.NIM.7121142018 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7.NIM.7121142018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM.7121142018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM.7121142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13.NIM.7121142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14.NIM.7121142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “keterampilan mengajar guru
dan kecerdasan kreatif siswa yang kurang baik yang mengakibatkan rendahnya
prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Rantau Utara Rantau
Prapat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh keterampilan guru dan kecerdasan kreatif siswa terhadap
prestasi belajar akuntansi siswa SMAN 1 Rantau Utara Rantau Prapat Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Rantau Utara Rantau Prapat yang
beralamat di Jl. Mahoni Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Rantau Utara Rantau Prapat
yang berjumlah 146 orang siswa dan sampel yang diambil adalah 60 orang siswa
dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner sebanyak 25 butir, kuisioner
dinyatakan reliable dengan alpha cronbach 0,759 untuk variabel keterampilan
guru dan 0,758 untuk variabel kecerdasan kreatif siswa. Digunakan studi
dokumentasi untuk prestasi belajar akuntansi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, linearitas,
analisis regresi berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan
uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk
mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada
penelitian ini yaitu, Y = 19.760 + 0,447 X1 + 0,323 X2. Selain itu determinasi nilai
Adjusted R Square sebesar 0,485 atau 0,48 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut
dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara keterampilan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
kecerdasan kreatif siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa pada mata
pelajaran akuntansi. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
keterampilan guru dan kecerdasan kreatif siswa terhadap prestasi belajar akuntansi
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 102 |
Keywords: | Keterampilan Guru; Kecerdasan Kreatif Siswa; Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20523 |