Sofiana, Nora (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7122142006 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 7122142006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. 7122142006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. 7122142006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 7122142006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 7122142006 DATAR TABEL.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. 7122142006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 7122142006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. 7122142006 BAB 1.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. 7122142006 BAB 5.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. 7122142006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Al Al Hidayah
Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan
Strategi Pembelajaran The Power of Two lebih tinggi dari pada hasi belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional
siswa kelas XI IPS SMA Swasta Al Al Hidayah Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al Hidayah Medan yang
beralamat di Jalan Letda Sujono Gg. Perguruan No 4 Kecamatan Medan
Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di
SMA Swasta Al Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak
66 orang, dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan Purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI
IPS SMA Swasta Al Hidayah Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1
yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 orang . Teknik
pengumpulan data yang digunaka adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk
pilihan berganda yang berjumlah 30 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel
yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji
normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan menghitung uji
hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α =
0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh
nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 46 dengan standar deviasi 14,87 dan nilai ratarata
posttest yaitu sebesar 80,16 dengan standar deviasi 11,77. Dan pada kelas
kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 38,83 dengan standar deviasi
15,84 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 68,16 dengan standar deviasi 15,05.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada
posttest hasil belajar diperoleh thitung 3,146 dan ttabel 1,671, (thitung > ttabel),Dapat
disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi yang lebih tinggi secara
signifikan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit
Instruction dengan Strategi Pembelajaran The Power of Two dari pada yang
diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 121 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Explicit Instruction; The Power Of Two |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20522 |