Siboro,, Ristama (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK N 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123342030 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 7123342030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 7123342030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
NIM 7123342030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM 7123342030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
NIM 7123342030 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 7123342030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM 7123342030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
NIM 7123342030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
NIM 7123342030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan Model
Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri
berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi yang diajarkan pada
siswa kelas XI SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi
SMK N 1 yang berjumlah 156 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 30 siswa
pada kelas eksperimen dan XI AK 4 yang berjumlah 30 siswa pada kelas kontrol.
Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam
bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang diperoleh
terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis digunakan uji t.
Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Model
Pembelajaran Quantum Teaching dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri adalah
nilai rata-rata pretest 62,17 dengan simpangan baku 6,9 dan post test sebesar 81,5
dengan simpangan baku 8,21. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pretest 75,16
dengan simpangan baku 6,62 dan post test sebesar 76,33 dengan simpangan baku
7,41. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dan thitung > ttabel
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 137 |
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 04:16 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20519 |