Lumbantobing, Taruli Lasma Rohana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA SWASTA HKBP 2 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122142009 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 7122142009 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7122142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 7122142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 7122142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 7122142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 7122142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 7122142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 7122142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 7122142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
14. NIM. 7122142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun
Pembelajaran 2016/2017
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung yang
beralamat di Jl. A. Yani II/20 Kecamatan Tarutung - Kabupaten Tapanuli Utara.
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang.
Sampel yang digunakan, kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 2
sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 orang. Tehnik
yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu diujicobakan untuk
mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Tehnik
analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji
homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan
kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest
X = 41,0; SD = 8,36 dan postes X = 72,25 ; SD = 9,24. Sedangkan kelas kontrol
pretes X = 40; SD = 9,46 dan postest adalah X = 59,3 ; SD = 8,47. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data
perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,73 sedangkan ttabel = 2,05. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,73 > 2,05 sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun
Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 128 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 04:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20517 |