Simanjuntak, Lolla (2016) PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.7123142031 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM. 7123142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
NIM. 7123142031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
NIM. 7123142031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
NIM. 7123142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
NIM. 7123142031 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM. 7123142031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
NIM. 7123142031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
NIM. 7123142031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
NIM.7123142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntans siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan
dengan Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Strtegi Card Sort lebih tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pengajaran
Langsung pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe yang beralamat di
Jalan Jamin Ginting No 31 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1
Kabanjahe yang berjumlah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan
adalah Cluster Random Sampling yaitu dengan menggunakan 2 kelas, yaitu XII IPS 2
sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kontrol,masing-masing
berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Teknik analisis data
melalui uji normalitas,homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk
membuat kesimpulan.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen =
45 dengan standar deviasi = 9,35 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah
menggunakan pendekatan Reciprocal Teching dengan strategi Card Sort = 82,6
dengan standar deviasi = 9,36. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 45
dengan standar deviasi = 9,24 dan nilai rata-rata posttest =62,4 dengan standar deviasi
9,25. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi
normal (Lhitung < Ltabe) dan homogen (Fhitung < Ftabel) untuk uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 7,760 dan ttabel = 2,063. Maka
hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,760 > 2,063 yang
berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95 % dengan dk = n1 + n2 – 2
=48.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang
diajarkan dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan strategi Card Sort lebih
tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan
model pengajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 132 |
Keywords: | Pendekatan Reciprocal Teaching;Strategi Card Sort; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20514 |