Panjaitan, Vivi Mayzurni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342039 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 7123342039 LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. NIM. 7123342039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 7123342039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 7123342039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 7123342039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 7123342039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 7123342039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 7123342039 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 7123342039 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 7123342039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK
SMK Negeri 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang
beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK
sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK
1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest
X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas
eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD =
7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan
bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan
pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan
ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α=
0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran
jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Reciprocal teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 115 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Jurnal Umum; Problem Posing, Reciprocal Teaching iv |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20512 |