PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Panjaitan, Vivi Mayzurni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123342039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123342039 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123342039 LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123342039 LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123342039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123342039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123342039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123342039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123342039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123342039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123342039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123342039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123342039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123342039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123342039 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123342039 BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123342039 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123342039 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123342039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123342039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
dikelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok jurnal umum kelas XI AK
SMK Negeri 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang
beralamat di Jl. Menang No.1 Pantai Cermin, Serdang Bedagai pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK
sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK
1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas, teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest
X = 44,50; SD = 7,76 dan postes X = 80,00; SD = 8,27. Sedangkan kelas
eksperimen 2 pretes X = 38,50; SD = 8,29 dan postest adalah X = 70,00 ; SD =
7,43. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching. Kemudian ditemukan
bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan
pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,65 dan
ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (3,65 > 1,707) pada taraf signifikan pada α=
0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran
jurnal umum lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 115
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Jurnal Umum; Problem Posing, Reciprocal Teaching iv
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:38
Last Modified: 14 Oct 2016 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item
View Item