Simpati, Putri Wira (2016) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWAKELAS XII SMKNEGERI 6 TAHUN PELAJARAN 2016/2017MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342029 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 7123342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
3. NIM 7123342029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
8. NIM 7123342029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. NIM 7123342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 7123342029 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 7123342029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 7123342029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 7123342029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM 7123342029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 7123342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan
dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi
disbanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran
Problem Based Learning siswa kelas XII AK SMK Negeri 6 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan si SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di JL.
Jambi No.23 Medan. Populasi dalam penelitian ini adaah siswa kelas XII AK1,
XII AK2, XII AK3, dan XII AK4 SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017 yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1(XII
AK1) dan eksperimen 2XII AK4) yang masing-masing populasinya terdiri dari 35
siswa dan di ambil penarikan sampel masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar.
Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana tes ini diambil dari
buku karangan Dwi Harti yang diterbitkan oleh Erlangga yang sudah teruji.
Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar
deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen1 nilai rata-rata pre-test dan posttest
yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan
pada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17
dengan standar deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test
yang dilakukan diperoleh =2,332 dan =1,671. Dengan
membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan >
yaitu 2,332 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa
jika > maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan
disbanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran
Problem Based Learning pada siswa kelas XII AK SMK Negeri 6 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 171 |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Problem Based Learning; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20510 |