Siahaan, Debora Vriska (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI I PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7123142008 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 7123142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM.7123142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 7123142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM.7123142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM.7123142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 7123142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM.7123142008 APPENDINCE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM.7123142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13. NIM. 7123142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM.7123142008 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
(TAPPS) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan
model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri I
Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2016/2017 dan tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandingkan
hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvesional
pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri I Pematangsiantar Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar pada tahun
pembelajaran 2016/2017, dengan jumlah populasi terdiri dari 3 kelas berjumlah
112 orang yang diambil secara acak menjadi 2 kelas dan sampel 60 orang yang
terdiri dari 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol yang
diambil secara acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes
dengan 5 pilihan (options). Dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk
mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil akuntansi siswa
yang diajar dengan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
( = 86,50 dan SD = 7,56) lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan metode
konvensional ( = 82,17 dan SD = 5,82). Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji stastistic atau uji t. Hasil perhitungan didapat menujukkan
bahwa thitung = 2,646 dan setelah dibandingkan degan harga ttabel = 1,672 ternyata
thitung>ttabel (2,646 > 1,672).
Dapat disimpulan bahwa hasil belajar hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran TAPPS lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional
pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 180 |
Keywords: | Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving; Hasil Belajar;Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20502 |