Aldiwa, Assad (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142006 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 7123142006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM. 7123142006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 7123142006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 7123142006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 7123142006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 7123142006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 7123142006 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
12. NIM. 7123142006 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 7123142006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Tujuan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan
pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan
metode Konvensional pada materi pokok karakteristik perusahaan dagang kelas
XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 tanjung Morawa yang
beralamat di Jl. Batang Kuis Pasar VII, Tanjung Morawa, Deli Serdang pada
tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII
IPS sejumlah 151 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas
XI IPS2 dan XI IPS4 sejumlah 30 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui hasil validitas,
hasil reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen
84,167 dengan Standar Deviasi (SD) = 7,777 dan skor rata-rata kelas kontrol 77
dengan Standar Deviasi (SD) = 8,769. Dengan demikian hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan saintifik
lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode
konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga
homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian
hipotesis diperoleh thitung = 3,35 dan ttabel = 1,6723, sehingga thitung > ttabel (3,35 >
1,6723) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian
diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan
saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 1
Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan
karakteristik perusahaan dagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 175 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Karakteristik Perusahaan Dagang; Think Pair Share, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20499 |