Putri, Dwi Ayu Sabrina (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142016 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7123142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
4. NIM. 7123142016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 7123142016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 7123142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 7123142016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 7123142016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 7123142016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 7123142016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 7123142016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 7123142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Konsep
Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi
Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017; dan (3) Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 197 orang.
Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 60 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba
instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data
menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji
heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier
berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan
menggunakan SPSS versi 17 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y =
1.501+0,590X1 + 0,387X2. Selanjutnya variabel konsep diri (X1) memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar
akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan disiplin belajar (X2)
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersamasama
konsep diri dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 <
0,05). Persentase sumbangan pengaruh konsep diri dan disiplin belajar terhadap
prestasi belajar akuntansi siswa sebesar 93,1%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan konsep diri dan disiplin
belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri
7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 131 |
Keywords: | Pengaruh, Konsep Diri; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20491 |