Purba, Yayun Damayani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123342043 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 7123342043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
NIM 7123342043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
NIM 7123342043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM 7123342043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM 7123342043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM 7123342043 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM 7123342043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 7123342043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
NIM 7123342043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
NIM 7123342043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Primbana Medan yang beralamat di Jalan Jenderal A.H Nasution No. 45 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang dan total sampel 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 73 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,660 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 60,8 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,621. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,80 dan ttabel = 1,684, sehingga thitung > ttabel (3,80 > 1,684) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 126 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 02:02 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20489 |