Saragih, Popi Anggara (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP TECNIQUE (NGT) TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342028 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 7123342028 LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
3. NIM. 7123342028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM. 7123342028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 7123342028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 7123342028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 7123342028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 7123342028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 7123342028 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 7123342028 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. NIM. 7123342028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada
siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang
beralamat di Jl. Menang No 1 Pantai Cermin Serdang Bedagai pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK
sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK
1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untukmengukur hasil belajar adalah tes
pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian data post test diperoleh skor rata-rata kelas
eksperimen 80,00 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,43 dan skor rata-rata kelas
kontrol 68,75 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,41. Dengan demikian hasil belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) lebih
tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi
normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis
penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,226 dan ttabel =
1,707,sehingga thitung > ttabel (4,226 > 1,707) pada taraf signifikan pada α= 0,05,
yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) lebih tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan
metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai
Cermin Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 116 |
Keywords: | Model Pembelajaran Nominal Group Tecnique; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 01:30 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20484 |