Ariska, Devy (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342006 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7123342006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
4. NIM 7123342006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM 7123342006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 7123342006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 7123342006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 7123342006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM 7123342006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 7123342006 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM 7123342006 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM 7123342006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Index Card Match
terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei
Tuan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 1 Percut Sei Tuan yang beralamat di
Jalan Irian Barat, No. 37 Sampali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII IPS terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel dalam
penelitian ini diambil dengan teknik Purposive sampling yaitu kelas XII IPS 3
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 4 sebagai
kelas kontrol sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes
diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen
untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda
soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas
menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan
uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah
44,50 dan kelas kontrol 43,33. Nilai postest kelas eksperimen adalah 80,33 dan
kelas kontrol 68. Hasil uji thitung adalah 6,03 sedangkan ttabel = 2,04 dengan thitung >
ttabel ( 6,03 >2,04) yang berarti hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi
Index Card Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 118 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Strategi Index Card Match; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 08:52 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20482 |