Halawa, Luki Kharismawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E(LC5E) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121142012 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 7121142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM 7121142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4. NIM 7121142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM 7121142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 7121142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 7121142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 7121142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
12. NIM 7121142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 7121142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
Kelas X Ak SMK Negeri 7 medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E
lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
konvensional siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl.
STM No. 12 E Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas dengan
jumlah siswa 195 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu
kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 4 sebagai kelas kontrol yang
masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil
belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik
analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung,
varians dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan pos test dengan
model pembelajaran learning cycle 5e = 36,14 dan 73,71 dengan standar deviasi =
12,78 dan 11,14 dan nilai rata-rata pre test dan post test siswa yang menggunakan
model konvensoinal = 42,86 dan 57,29 dengan standar deviasi = 12,14 dan 14,32.
Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh sebesar 5,33
sedangkan 1,669 pada taraf nyata = 0,05 yaitu 5,33 1,669. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa . Maka hipotesis
penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi
secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
konvensional siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 147 |
Keywords: | Model pembelajaran Learning Cycle 5E; Model konvensional; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 08:03 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20478 |