Suryana,, Ade Irma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142001 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7123142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
4. NIM. 7123142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 7123142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 7123142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 7123142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 7123142001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 7123142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 7123142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM. 7123142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 7123142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta
Teladan Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Swasta Teladan Medan
sebanyak 3 kelas yang keseluruhan berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian
ini terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random sampling, yaitu kelas XII IPS-1
sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini
termasuk penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice) sebanyak
20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi dan uji beda atau uji-t.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa pada kelas eksperimen, sebelum
diberikan perlakuan pengajaran sebesar 50,65 dan setelah diberikan perlakuan
pengajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning, nilai rata-rata
siswa mengalami peningkatan menjadi 77,36. Sementara nilai rata-rata siswa pada
kelas kontrol, sebelum diberikan perlakuan pengajaran sebesar 48,94 dan setelah
diberikan perlakukan pengajaran dp0p-0engan pembelajaran konvensional
mengalami peningkatan menjadi 67,23. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung = 6,066 > ttabel = 1,68 pada taraf α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XII IPS di SMA Swasta Teladan
Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 143 |
Keywords: | Pembelajaran Project Base Learning; Akuntansi; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20473 |