Hutasuhut, Asri Hasanah (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142205 COVER.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
2. NIM. 7123142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. NIM. 7123142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
4. NIM. 7123142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM. 7123142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 7123142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 7123142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 7123142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 7123142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
13. NIM. 7123142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
14. NIM. 7123142205 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang di
ajar dengan strategi pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi dari pada
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional
pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematang Siantar yang
beralamat di Jalan Bali No 5 Pematang Siantar. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI AK yang terdiri dari 3 kelas dengan berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah cluster random sampling melalui 2 tahapan. Tahap
pertama darI tiga kelas diambil secara random yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas
eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas control. Tahap kedua dari setiap kelas
diambil 30 siswa sebagai sampel penelitian. Jadi yang menjadi sampel penelitian
adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Sebeum tes
diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka di lakukan uji coba instrumen
untuk mengetahui validitas tes, reliabilitas tes, daya beda tes, dan tingkat
kesukaran tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa
kelas ekperimen = 46,17 dengan standar deviasi = 10,56, dan nilai rata-rata posttest
siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking =
82,33 dengan standar deviasi = 8,38. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas
kelas kontrol = 44 dengan standar deviasi = 9,23 dan nilai rata-rata post test siswa
setelah menggunakan metode pembelajaran konvensional = 65,83 dengan standar
deviasi = 8,82. Hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung = 7,961 sedangkan
ttabel = 1,672 pada tingkat kepercayaan 95 % dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 134 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:31 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20472 |