Sitinjak, Vina Armitara (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CELL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123142054 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7123142054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
3. NIM 7123142054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM 7123142054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM 7123142054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 7123142054 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 7123142054 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 7123142054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM 7123142054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
13. NIM 7123142054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 7123142054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X pada
mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing dan hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Satria
Dharma Perbaungan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan di
jalan Akasia No 8 Jambur Pulau Perbaungan. Jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri
2 kelas dengan jumlah 87 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XAK
1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-AK 2 sebagai kelas kontrol, yang
masing-masing kelas terisi dari 40 siswa dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda
sebanyak 20 item.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas
ekperimen = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62.
Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 55,375 dengan Standar
Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model
pembelajaran Konvensional = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis
data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan
homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t
dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima
anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N
+ N – 2 = 78.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran
Active Knowledge Sharing lebih tinggi signifikan dibandingkan dengan hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X
Akuntansi SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 166 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cell; Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20471 |