Ambarita., Erlika Evania Frikayanti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS SMA METHODIST LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7123342009 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
02. NIM 7123342009 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
04. NIM. 7123342009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
03. NIM 7123342009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
05. NIM 7123342009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
06. NIM 7123342009 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
07. NIM 7123342009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
08. NIM 7123342009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
12. NIM 7123342009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 7123342009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas XII IPS di SMA Methodist Lubuk Pakam. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran
Problem Posing dengan Strategi Ekspositori pada siswa kelas XII IPS SMA
Methodist Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Methodist Lubuk Pakam. Populasi
penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII IPS yang berjumlah 80 siswa yang terdiri
dari 2 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang
terdiri dari dua kelas, XII IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS-2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Purposive Random
Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
berbentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel berdistribusi
normal atau tidak, uji homogenitas untuk mengetahui apakah variasi mereka sama
atau tidak, uji hipotesis digunakan uji beda dua rata-rata.
Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran Problem Posing dengan strategi ekspositori adalah nilai rata-rata
pre-test 42,83, dengan standar deviasi 83,94 dan rata-rata post-test 80,83 dengan
standar deviasi 55,35. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 40,83 dengan standar deviasi
93,93 dan rata-rata post-test 66,83 dengan standar deviasi 66,35. Uji hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata dengan dk = n1 + n2 - 2
pada tingkat signifikan 0,05. Dari perhitungan tersebut didapat thitung = 6,952 dan
ttabel = 1,671 dan thitung > ttabel (6,952 > 1,671) dan dengan kata lain hipotesis
diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi ekspositori lebih
tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Methodist
Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 151 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing;strategi ekspositori; Metode Pembelajaran Konvensional dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 06:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20469 |