PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 3 MEDAN T.P 2016/2017

Batubara, Andia Hariri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.7121142001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7121142001 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7121142001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7121142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7121142001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7121142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7121142001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7121142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7121142001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7121142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7121142001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7121142001 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7121142001 APPENDINCE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7121142001 APPENDINCE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7121142001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7121142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7121142001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7121142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121142001 BIBLIOGRHAPY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121142001 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di MAN 3 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XII IPS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode yang eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS MAN 3 Medan yang berjumlah 65 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas, XII IPS-1 sebagai kelas kontrol dan XII IPS-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Random Sampling. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mengetahui apakah variasi mereka sama atau tidak, uji hipotesis digunakan uji beda dua rata-rata.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 83,46 dengan standar deviasi 8,22. Sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 76,15 dengan standar deviasi 9,93. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata dengan dk = n1 + n2 - 2 pada tingkat signifikan 0,05. Dari perhitungan itu mendapat thitung = 2,880 dan ttabel = 1,675 dan thitung > ttabel (2,880 > 1,675). Itu berarti bahwa hipotesis diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada pokok bahasan penyusunan siklus akuntansi perusaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 124
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Metode Pembelajaran Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:55
Last Modified: 13 Oct 2016 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item
View Item