Ginting, Hermonista (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA XI IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123142024 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 7123142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM 7123142024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM 7123142024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 7123142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 7123142024 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7123142024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7123142024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 7123142024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 7123142024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 7123142024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dengan media Audio Visual dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabnajahe yang beralamat di Jalan Jamin Ginting No.31 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajarn 2015/2016 yang berjumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen 54,4 dengan standar deviasi 9,823 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan media Audio Visual adalah 80,8 dengan standar deviasi 10,071. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol adalah 53,8 dengan standar deviasi 10,132 dan nilai rata-rata posttest adalah 70,6 dengan standar deviasi 11,485, dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabe) dan homogeny (Fhitung < Ftabel) untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung 3,349 dan ttabel 1,678. Maka hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,349 > 1,678 yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk n1 + n2 – 2 = 48.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dengan media Audio Visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 104 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Problem Posing; Media Audio Visual |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:50 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20466 |