PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2015/2016

Lubis, Ummi Salamah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7121141056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141056 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7121141056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7121141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7121141056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7121141056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7121141056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7121141056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7121141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7121141056 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7121141056 TABLES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7121141056 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7121141056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7121141056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7121141056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7121141056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7121141056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7121141056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7121141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa
administrasi perkantoran di SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan
dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masingmasing
kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna 1 Medan yang berjumlah 118 orang.
Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random
sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-1 AP)
dan kelas kontrol (X-2 AP) yang masing–masing kelas terdiri dari 39 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan
bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen 82,05 dengan standar deviasi 11,51. Dan
nilai rata-rata kelas Kontrol 74,87 dengan standar deviasi 14,48. Untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk
mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh
thitung = 2,49 dan ttabel = 1,995. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung >
ttabel yaitu 2,49 > 1,995 maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan
Make A Match terhadap hasil belajar siswa administrasi perkantoran di smk
swasta prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 055
Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator; Explaining dan Make A Match; Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 06:31
Last Modified: 12 Oct 2016 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item
View Item