Lubis, Ummi Salamah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141056 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 7121141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM 7121141056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM 7121141056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 7121141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM 7121141056 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 7121141056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM 7121141056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
12. NIM 7121141056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. NIM 7121141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa
administrasi perkantoran di SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan
dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masingmasing
kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna 1 Medan yang berjumlah 118 orang.
Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random
sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-1 AP)
dan kelas kontrol (X-2 AP) yang masing–masing kelas terdiri dari 39 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan
bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen 82,05 dengan standar deviasi 11,51. Dan
nilai rata-rata kelas Kontrol 74,87 dengan standar deviasi 14,48. Untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk
mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh
thitung = 2,49 dan ttabel = 1,995. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung >
ttabel yaitu 2,49 > 1,995 maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan
Make A Match terhadap hasil belajar siswa administrasi perkantoran di smk
swasta prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 055 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator; Explaining dan Make A Match; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 06:31 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20461 |