Akma, Wardhatul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141155_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7123141155_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM. 7123141155_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 7123141155_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 7123141155_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 7123141155_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7123141155_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7123141155_BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
12. NIM. 7123141155_BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 7123141155_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking
Stick dan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar
siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran
Everyone Is Teacher Here pada mata pelajaran Kewirausahaan SMK Swasta
Prayatna 1 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 90 orang. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas XI AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 30 orang dan XI
AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilhan berganda yang telah diuji
validitasnya dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I
sebesar 76,67 dengan standar deviasi sebesar 7,81. Sedangkan nilai rata-rata kelas
eksperimen II adalah sebesar 71,83 dengan standar deviasi 10,379. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf
signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,197 dan ttabel
sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,197 >
1,671) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Everyone Is
Teacher Here terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dengan persentase
peningkatan hasil belajar sebesar 75,78% dibandingkan dengan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan
persentase peningkatan hasil belajar sebesar 71% pada mata pelajaran
kewirausahaan SMK Swasta Prayatna Medan T.P 2016/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 056 |
Keywords: | Model Pembelajaran Talking Stick; Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20456 |