Siregar., Anisah Mardiana (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEKRETARISAN DI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141002. Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7121141002. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Pernyataan.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 7121141002. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 7121141002. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM. 7121141002. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 7121141002. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 7121141002. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 7121141002. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM. 7121141002. BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 7121141002. BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 7121141002. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh
profesionalisme guru dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar
Kesekretarisan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK
Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme
guru dan Media Pembelajaran secara parsial dan simultan Terhadap Prestasi
Belajar Kesekretarisan Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi
Perkantoran SMK Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2015/2016”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Administrasi Perkantoran
SMK Negeri 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan
sampel yang dilakukan adalah simple random sampling dimana sampel penelitian
ini berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus
Product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach
Alpha. Desain penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji penelitian
yaitu dengan uji hipotesis uji-t dan uji-f dan koefisien determinasi (R2). Dengan
menggunakan program SPSS 17 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel
profesionalisme guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar (Y) dengan nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,005 dengan nilai thitung > ttabel
(4,699> 1.69092). berbeda dengan variabel media pembelajaran (X2) hanya
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kesekretarisan dengan nilai sig < α
yaitu 0,341 > 0,05 dengan nilai thitung > ttabel (0,967> 1.69092). Secara simultan
profesionalisme guru dan media pembelajaran berpengaruh secara signifikan
terhadap prestasi belajar kesekretarisan dengan nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,05
dengan nilai Fhitung > Ftabel (15,816 > 2,89). Prestasi belajar siswa dapat dijelaskan
oleh variabel-variabel bebas sebesar 48,90%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar kesekretarisan siswa,
terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar
kesekretarisan dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
profesionalisme guru dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar
kesekretarisan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1
Padangsidimpuan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 047 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Media Pembelajaran; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:11 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20455 |