Lubis, Nur Cahaya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 5 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141024_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7122141024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 7122141024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM. 7122141024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 7122141024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 7122141024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 7122141024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7122141024_BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
12. NIM. 7122141024_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 7122141024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK
Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016 pada mata pelajaran kearsipan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP Di SMK Swasta
Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP Di SMK
Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran, yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64
orang. Dan yang menjadi sampel adalah seluruh kelas X AP tersebut dengan
teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan berganda untuk soal pre tes dan
post tes dengan jumlah 20 soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Salah satu pilihan
merupakan kunci jawaban, sedangkan 3 pilihan lainnya sebagai pengecoh.
Dimana pada soal tersebut 20 soal dinyatakan valid.
Dari hasil anaisis data, di peroleh nilai rata-rata dengan Model
Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik pre tes =
39,68; SD = 9,99, Dan post tes = 81,71; SD = 8,29. Sedangkan dengan
pembelajaran konvensional pre tes = 38,59 SD = 8,54, dan post test = 72,03; SD
= 10,22. Untuk pengujian hipotesis digunakan rumus ANAVA satu arah, setelah
dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sampel. Dari
rata-rata hasil post tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data Fhitung >
Ftabel yaitu 4.56 > 3.98 bahwa Hipotesis diterima.
Maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas
X AP SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 057 |
Keywords: | Kearsipan; Hasil belajar; Model Pembelajaran Project Based Learning |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:07 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20454 |