PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR KELAS XI AP SMK NEGERI 1 TAN

Dalimunthe, Nurul Hikmah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERALATAN KANTOR KELAS XI AP SMK NEGERI 1 TAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7121141044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7121141044 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121141044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7121141044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7121141044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121141044 PREVACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121141044 PREVACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7121141044 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7121141044 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7121141044 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7121141044 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7121141044 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7121141044 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7121141044 APPENDICIES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7121141044 APPENDICIES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7121141044. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7121141044. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121141044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121141044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7121141044 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7121141044 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran peralatan kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Scramble dan Explicit Instruction serta melihat hasil belajar peralatan kantor dengan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dari pada hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Scramble pada siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 99 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 33 siswa dan XI AP3 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling (sampel acak).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Scramble diperoleh rata-rata pre test 51,21, dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30 serta standar deviasi 11,252 dan rata-rata post test sebesar 76,06 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 55 serta standar deviasi 9,16. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh rata-rata pre test 55,15 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30 serta standar deviasi 12,341 dan rata-rata post test 80 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 60 serta standar deviasi 8,926. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble terdapat pengaruh positif dan signifikan yaitu thitung > ttabel (10,1 > 1,664). Hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction terdapat pengaruh positif dan signifikan yaitu thitung > ttabel (9,63 > 1,664). Dan hasil belajar dengan membandingan kedua model pembelajaran tersebut bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 049
Keywords: Model Pembelajaran Scramble; Model Pembelajaran Explicit Instruction; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:54
Last Modified: 12 Oct 2016 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20452

Actions (login required)

View Item
View Item