Azhar, Intan Nisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341048 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 7123341048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
4. NIM. 7123341048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. NIM. 7123341048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 7123341048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 7123341048 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7123341048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123341048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
12. NIM. 7123341048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 7123341048 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual pada mata pelajaran Ekonomi MAN 1 Stabat TP. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPS yang berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X IPS-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X IPS-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 80,5556 dan standar deviasi sebesar 10,1965. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 73,3333 dan standar deviasi 10,2120. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,98 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,98 > 1,667) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 31,20% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 27,27% pada mata pelajaran Ekonomi kelas X MAN 1 Stabat T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 053 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Media Audio Visual;Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 03:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20451 |