Samaloisa, Lisma Thuwel Af (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141041 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 7122141041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM 7122141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM 7122141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 7122141041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 7122141041 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 7122141041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 7122141041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 7122141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 7122141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14. NIM 7122141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan utama yaitu apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kompetensi guru dengan hasil belajar. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kompetensi guru dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Jorlang Hataran Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan hasil belajar dari rata-rata nilai ulangan harian mata pelajaran kewirausahaan. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan persamaan korelasi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji F.
Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t korelasi diperoleh thitung = 3,767 dan 3,443 sedangkan ttabel sebesar 2,011 sehingga thitung > ttabel. Untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 67,670 sedangkan Ftabel sebesar 3,20 taraf signifikan 95%. Ternyata Fhitung > Ftabel yaitu 67,670 > 3,20. Hal ini diketahui bahwa, ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kompetensi guru dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Jorlang Hataran Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan kompetensi guru memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Saran peneliti adalah konsep diri positif dan kompetensi guru yang tinggi sangat berhubungan dengan hasil belajar kewirausahaan. Oleh karena itu, keduanya harus mendapat perhatian dari peserta didik untuk mengembangkan konsep diri positifnya dan guru untuk lebih kompeten dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 039 |
Keywords: | Konsep Diri; Kompetensi Guru; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20438 |