Malau, Jernih Jelita Onni L. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SMK NEGERI 2 BALIGE T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141021 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7121141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM 7121141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 7121141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 7121141021 TABLE OF CONTECT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 7121141021 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NM 7121141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7121141021 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7121141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM 7121141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 7121141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray dan dengan model pembelajaran numbered head together pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor SMK Negeri 2 Balige TP. 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 68 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 34 orang dan X AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilhan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 82,05 dengan standar deviasi sebesar 6,64. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 76,61 dengan standar deviasi 7,75. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,126 dan ttabel sebesar 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,126 > 1,668) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran two stay two stray dan model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 50,35% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head together dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,98% pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X AP SMK Negeri 2 Balige T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 040 |
Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stray;; Model Pembelajaran Numbered Head Together; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:37 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20437 |