PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SMK NEGERI 2 BALIGE T.P. 2015/2016

Malau, Jernih Jelita Onni L. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SMK NEGERI 2 BALIGE T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7121141021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141021 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7121141021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7121141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7121141021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7121141021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7121141021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7121141021 TABLE OF CONTECT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7121141021 TABLE OF CONTECT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7121141021 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7121141021 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NM 7121141021 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NM 7121141021 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7121141021 APPENDINCES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7121141021 APPENDINCES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7121141021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7121141021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7121141021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7121141021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7121141021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7121141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray dan dengan model pembelajaran numbered head together pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor SMK Negeri 2 Balige TP. 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 68 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 34 orang dan X AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilhan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 82,05 dengan standar deviasi sebesar 6,64. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 76,61 dengan standar deviasi 7,75. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,126 dan ttabel sebesar 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,126 > 1,668) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran two stay two stray dan model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 50,35% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head together dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,98% pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X AP SMK Negeri 2 Balige T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 040
Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray;; Model Pembelajaran Numbered Head Together; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 02:37
Last Modified: 12 Oct 2016 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20437

Actions (login required)

View Item
View Item