Pakpahan, Elisabeth (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141012. COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 7121141012. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
4. NIM. 7121141012. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 7121141012. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 7121141012. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 7121141012. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7121141012. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 7121141012. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 7121141012. BAB I.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
13. NIM. 7121141012. BAB V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM. 7121141012. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. NIM. 7121141012. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning dan model Contextual Teaching and Learning dan juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Discovery Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran dan X akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X Adm Perkantoran (eksperimen1) yang berjumlah 30 orang dan X Akuntansi (eksperimen 2) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model Discovery Learning serta kelas eksperimen 2 dengan model Contextual Teaching and Learning. Dari hasil penelitian, kelas eksperimen 1 memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37,5 dan nilai rata-rata post-test adalah 77,5 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 sebesar 37,83333 dan nilai rata-rata post-test sebesar 82,33333. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen 1 diperoleh 0.647237 dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen 2 adalah 0.721587. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 62,74% dan pada kelas eksperimen 2 adalah 72,16 %. Dari perhitungan uji-t diperoleh thitung 3,38 dan ttabel 1,6723. Hasil perhitungan uji-t bahwa thitung > ttabel (3,38>1,6723) sehingga hipotesis yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis model discovery learning dan model contextual teaching and learning pada siswa SMK Swasta Teladan Indrapura T.P 2016/2017 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 072 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Model Discovery Learning; Model Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 02:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20433 |