Ompusunggu, Vita S (2016) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
4. ABSTRAK (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. DAFTAR ISI (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. DAFTAR LAMPIRAN (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. BAB I (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12. BAB V (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP (NIM. 7123341122).pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Penggunaan Sumber Belajar dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Swasta Harapan Stabat T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat Jln. Letjend S Parman No. 5 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ = 13,833 + 0,601 X1 + 0,670 X2 yang berarti jika koefisien persepsi siswa tentang penggunaan sumber belajar naik satu satuan, maka nilai prestasi belajar akan naik 0,601 satuan. Jika nilai Gaya belajar naik satu satuan maka nilai prestasi belajar akan naik 0,670 satuan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,601 dengan nilai thitung >ttabel atau 4,145 > 2,00. Hasil Hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,670 dan thitung >ttabel atau 4,465 > 2,00. Hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel (35,776>3,16) yang berarti penggunaan sumber belajar dan gaya belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa. Nilai R² adalah 0,557 membuktikan besarnya pengaruh penggunaan sumber belajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan adalah sebesar 55,7%, sedangkan sisanya 44,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sumber belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 079 |
Keywords: | Penggunaan Sumber Belajar; Gaya Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20422 |