HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2016/2017

Dianty, Jojor (2016) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123341055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123341055 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123341055 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123341055 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123341055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123341055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123341055 SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123341055 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123341055  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123341055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123341055  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123341055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123341055 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123341055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123341055 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123341055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123341055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123341055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7123341055 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 7123341055 BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123341055 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123341055 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7123341055  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 7123341055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara konsep diri dan
disiplin belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara konsep diri dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa SMK
Swasta Harapan Stabat T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan
Stabat Jln. Letjend S. Parman No. 5 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X-AP yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik
total sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil analisis korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa ada
hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas
X-AP SMK Swasta Harapan Stabat T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,638 >0,254).
Hasil analisis korelasi antara variabel X2 dengan Y diperoleh ada hubungan yang signifikan
antara disiplin belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X-AP SMK Swasta
Harapan T.P 2016/2017 dengan nilai rhitung> rtabel (0,629 >0,254).
Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier diperoleh persamaan
regresi ganda adalah Y = 10,405 + 0,627 X1 + 0,661 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa jika
konsep diri (X1) dan disiplin belajar (X2) masing-masing ditingkatkan satu satuan maka akan
diikuti oleh peningkatan prestasi belajar (Y) sebesar 0,627 + 0,661 satuan pada konstanta sebesar
10,405. Nilai Fhitung sebesar 30,601 lebih besar dari Ftabel 3,16 membuktikan bahwa H1 diterima
yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kondep diri dan disiplin
belajar dengan prestasi belajar kearsipan. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,518
menunjukkan bahwa hubungan variabel bebas (konsep diri dan disiplin belajar) dengan variabel
terikat (prestasi belajar kewirausahaan) adalah sebesar 51,8%. Sumbangan efektif yang diberikan
oleh variabel konsep diri (X1) terhadap prestasi belajar kewirausahaan adalah sebesar 37,22%,
sedangkan sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel disiplin belajar (X2) terhadap prestasi
belajar adalah sebesar 34,74%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara konsep diri dan disiplin belajar dengan prestasi belajar kewirausahaanan siswa
kelas X-AP SMK Swasta Harapan Stabat T.P. 2016/20

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 075
Keywords: Konsep Diri; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:31
Last Modified: 11 Oct 2016 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item
View Item