Samosir, Nita Febrina (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DI SMK.2 (BM) TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141096. COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 7123141096. LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3. NIM. 7123141096.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. NIM. 7123141096. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5. NIM. 7123141096. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 7123141096. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 7123141096. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 7123141096. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 7123141096. BAB I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
13. NIM. 7123141096. BAB V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM. 7123141096. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bekerja sama dengan kolega”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Information Search. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK.2 (BM) Tri Sakti Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total Sampling dengan mengambil semua populasi yaitu kelas X Adm Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen1 dan X Adm perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen2. Sampel penelitian kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2 masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Kelas eksperimen1 diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran learning start with a question serta kelas eksperimen2 dengan strategi pembelajaran information search. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen1 rata-rata pre-test sebesar 38,166 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,833 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen2 adalah 38,16 dan nilai rata-rata post-test adalah 76,667. nilai rata-rata gain kelas eksperimen1 diperoleh 0.7208 dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen2 adalah 0.6195. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen1 adalah 72,08% dan pada kelas eksperimen2 61,95 %. Hasil uji t diperoleh thitung 4,1516 dan ttabel 1,6723, sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran learning start with a question dan information search terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega di smk.2 (bm) tri sakti lubuk pakam tahun ajaran 2016/2017 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bekerja sama dengan kolega siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran learning start with a question lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran information search.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 073 |
Keywords: | Hasil Belajar; Learning Start With A Question; Information Search |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20416 |