Indrawati, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141019 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 7121141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
4. NIM. 7121141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7121141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM 7121141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7121141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7121141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7121141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7121141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 7121141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 7121141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ekspositori terhadap hasil belajar Korespondensi di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 152 orang yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dengan teknik tersebut maka terpilihlah kelas X AP-2 sebagai eksperimen I dan kelas X AP-4 sebagai eksperimen II, yang masing-masing kelas berjumlah 38 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test sebesar 58,684 dan post-test sebesar 81,579 dan standar deviasi sebesar 10,533. Sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-rata pre-test sebesar 53,816 dan post-test sebesar 73,947 dan standar deviasi sebesar 11,16. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,0674 dan ttabel sebesar 1,6657. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,0674 > 1,6657) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ekspositori terhadap hasil belajar Korespondensi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Model Pembelajaran Ekspositori;Hasil Belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 06:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20412 |