Lubis, Feby Marlina (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141045 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7123141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. NIM. 7123141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 7123141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 7123141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM. 7123141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 7123141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7123141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7123141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
13. NIM. 7123141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 7123141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara profesionalisme guru dan penerapan teknologi informasi
terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK
Negeri 1 Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl.
Sindoro No. 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan yang
berjumlah 150 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 40 siswa yang
diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas untuk butir angket
menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus
Cronbach Alpha. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan
regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta
koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan
garis linear Y = 4,986 + 0,371X1 + 0,602X2. Hasil analisis uji t untuk variabel
profesionalisme guru (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,695 > 2,026) dengan alpha
0,05 (5%). Hal ini berarti profesionalisme guru memiliki pengaruh yang positif
dan signifikan dengan hasil belajar. Untuk analisis uji t pada variabel penerapan
teknologi informasi (X2) diperoleh thitung > ttabel (6,463 > 2,026) dengan alpha 0,05
(5%). Hal ini berarti penerapan teknologi informasi memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan dengan hasil belajar. Selanjutnya untuk uji F dilakukan
dengan membandingkan hasil Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh
nilai bahwa nilai Fhitung > Ftabel (350,613 > 3,25) dengan alpha 0,05 (5%).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variabel
profesionalisme guru (X1) dan penerapan teknologi informasi (X2) terhadap hasil
belajar (Y) siswa. Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis
yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru
dan penerapan teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa kelas X
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 048 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Penerapan Teknologi Informasi; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 06:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20411 |