Daryanto, Eka (2014) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMK DI SUMATERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.
08293010015 COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
08293010015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
08293010015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
08293010015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ; 1) Pengaruh langsung karakteristik individu terhadap pengembangan karir guru SMK di Sumatera Utara, 2) Pengaruh langsung karakteristik pekerjaan terhadap pengembangan karir guru
SMK di Sumatera Utara, 3) Pengaruh langsung karakteristik individu terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara, 4) Pengaruh langsung karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara dan 5) Pengaruh langsung pengembangan karir terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara. Pada jangka panjang akan diperoleh model kepuasan kerja yang diperlukan dalam pengembangan sumber daya manusia di tingkat sekolah menengah, terutama di SMK. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMK Negeri/Swasta di Sumatera Utara pada Bidang Keahlian Mesin yang jumlahnya adalah 283 orang
dengan sampel berpedoman pada rumus Slovin yaitu n = N/{1+(Nxe2) diperoleh jumlah sampel sebanyak 166 orang guru SMK. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kepuasan kerja. Intrumen penelitian yang digunakan berbentuk angket tertutup dengan lima pilihan jawaban dengan model skala Likert yang memiliki skala interval dalam pemberian skor jawaban untuk setiap butir angket. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Fixed Model Utama ditemukan ada empat koefisien jalur yang signifikan, yakni (1) p31 yang berarti bahwa karakteristik individu berpengaruh langsung positip terhadap pengembangan karir guru SMK di Sumatera Utara, (2) P32 yang berarti bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh langsung positip terhadap pengembangan
karir guru SMK di Sumatera Utara, (3) P43 yang berarti bahwa pengembangan karir berpengaruh langsung positip terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara, (4) p41 yang berarti bahwa karakteristik individu berpengaruh
langsung positip terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara dan (5) p42 yang berarti bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh langsung positip terhadap kepuasan kerja guru SMK di Sumatera Utara. Temuan lain dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung dari karakteristik
individu terhadap kepuasan kerja melalui pengembangan karir sebesar 0, 15, (2) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung dari karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja melalui pengembangan karir sebesar 0,32. Temuan ini mengidentifikasi bahwa kebijakan pengembangan karir telah mempertimbangkan faktor-faktor karakteristik individu dan karakteristik pekeljaan yang berdampak
pada kepuasan kerja meningkat guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 Dar p |
Keywords: | Karakteristik individu; Karakteristik pekerjaan; Pengembangan karir; Kepuasan kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:56 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20385 |