Aisyah,, Nur (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141042 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 7121141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
4. NIM 7121141042 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 7121141042 PREVACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 7121141042 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 7121141042 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 7121141042 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7121141042 APPENDICIES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 7121141042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM 7121141042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7121141042 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh interaksi pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 52 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal dan angket sebanyak 25 pernyataan yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Anova dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional yang ditunjjukkan dari hasil hipotesis dimana nilai Fhitung = 9,216 > Ftabel = 4,20 dengan nilai signifikan α=0,05. Kedua, hasil belajar siswa yang memiliki kebiasaan belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki kebiasaan belajar rendah atau terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari hipotesis kedua Fhitung = 1650,320 > Ftabel = 4,20 dengan nilai signifikan α = 0,05. Ketiga, tidak terdapat pengaruh interaksi pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi yang diperoleh dari hipotesis ketiga Fhitung = 0.738 < Ftabel 4,20 dengan nilai signifikan α =0,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran ekonomi menerapkan pembelajaran remedial berbantuan tutor sebaya dan berupaya meningkatakan kebiasaan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 083 |
Keywords: | Pengajaran Remedial; Metode Tutor Sebaya; Kebiasaan Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:17 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20381 |