PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Tambunan,, Liza Maysarah (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  7121141027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141027 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  7121141027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7121141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  7121141027 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141027 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  7121141027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7121141027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  7121141027 TABLE OF COUNTENTS .pdf]
Preview
Text
5. NIM 7121141027 TABLE OF COUNTENTS .pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  7121141027 TABLES .pdf]
Preview
Text
6. NIM 7121141027 TABLES .pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  7121141027 APPENDICES .pdf]
Preview
Text
8. NIM 7121141027 APPENDICES .pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  7121141027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7121141027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  7121141027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7121141027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  7121141027 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7121141027 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi
model pemeblajaran Word Square dan Time Token Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Kelas X SMA Swasta Nur Azizi tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nur Azizi tanjung Morawa yang
beralamat di jalan Pahlawan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA tahun ajaran 2015/2016 yang
berjumlah 69 orang yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-MIA 1 dan X-MIA 2 yang
masing-masing berjumlah 35 orang dan 34 orang yang diambil dengan total keseluruhan
(Total Sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil
belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya
pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji
normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnnya dihitung terlebih dahulu nilai ratarata,
standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada saat
pretes pada kelas eksperimen ( = 42,14 dan S = 12,9) dan untuk kelas kontrol ( = 42,647
dan S = 14,628) dan pada saat postes kelas eksperimen memiliki hasil belajar ( = 70 dan S=
14,29) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran
konvensional ( = 61,176 dan S= 15,9). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t
pada tingkat kepercayaan 95% pada = 0,05 dan dk ( n1 + n2 ) – 2 diperoleh thitung > ttabel
(2,4477 > 1,982), maka Ha diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan
menggunakan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Time Token lebih tinggi
secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional di SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 NIAGA 077
Keywords: Model Pembelajaran Word Square; Kolaburasi;Hasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:11
Last Modified: 07 Oct 2016 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item
View Item