Tambunan,, Liza Maysarah (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141027 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 7121141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 7121141027 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3. NIM 7121141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM 7121141027 TABLE OF COUNTENTS .pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 7121141027 TABLES .pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM 7121141027 APPENDICES .pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 7121141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM 7121141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM 7121141027 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi
model pemeblajaran Word Square dan Time Token Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Kelas X SMA Swasta Nur Azizi tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nur Azizi tanjung Morawa yang
beralamat di jalan Pahlawan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA tahun ajaran 2015/2016 yang
berjumlah 69 orang yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-MIA 1 dan X-MIA 2 yang
masing-masing berjumlah 35 orang dan 34 orang yang diambil dengan total keseluruhan
(Total Sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil
belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya
pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji
normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnnya dihitung terlebih dahulu nilai ratarata,
standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada saat
pretes pada kelas eksperimen ( = 42,14 dan S = 12,9) dan untuk kelas kontrol ( = 42,647
dan S = 14,628) dan pada saat postes kelas eksperimen memiliki hasil belajar ( = 70 dan S=
14,29) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran
konvensional ( = 61,176 dan S= 15,9). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t
pada tingkat kepercayaan 95% pada = 0,05 dan dk ( n1 + n2 ) – 2 diperoleh thitung > ttabel
(2,4477 > 1,982), maka Ha diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan
menggunakan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Time Token lebih tinggi
secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional di SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 077 |
Keywords: | Model Pembelajaran Word Square; Kolaburasi;Hasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:11 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20379 |