Tambunan, Bulan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 MEDAN TP.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7123341020 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM.7123341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM.7123341020 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
3. NIM.7123341020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM.7123341020 TABEL OF COUNTENTS.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6. NIM.7123341020 TABELS.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM.7123341020 FICTURE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM.7123341020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM.7123341020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM.7123341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
14. NIM.7123341020 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI Di SMA
Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari XI IPS
I dan XI IPS II. Dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa dari populasi tersebut
yaitu kelas XI IPS I 30 orang dan XI IPS II 30 orang. Kelas XI IPS I sebagai Kelas
Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dan XI IPS II sebagai
kelas Kontrol dengan model pembelajaran Inquiry. Teknik yang digunakan dalam
mengumpulkan data adalah observasi dan ulangan harian 1 dan 2 siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahu normal
tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas untuk mengetahui apakah
sampel yang diambil homogen atau tidak dan di uji hipotesis dilakukan untuk
mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus
uji t.
Hasil uji statisik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan perlakuan
model pembelajaran Inquiry dengan rata –rata 80,00 lebih tinggi dari hasil belajar
siswa dengan perlakuan model pembelajaran Inquiry dengan rata-rata 73,50. Hasil
pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung>ttabel (4,961 > 2,002) maka hipotesis
diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Inquiry
Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI Di SMA Negeri 10 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 082 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Hasil belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20378 |