Simandalahi, Kristina (2016) PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU MENGENAI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA SWASTA SANTO MIKHAEL PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141024 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 7123141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 7121141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 7121141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 7121141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
6. NIM 7121141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM 7121141024 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7121141024 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
12. NIM 7121141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM 7121141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh akreditasi sekolah terhadap kinerja guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan, (2) pengaruh persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan, (3) pengaruh akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, subyek penelitian adalah seluruh guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan yang berjumlah 35 orang.
Pengumpulan data akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan dilakukan dengan angket. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 35 orang guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan. Uji validitas dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh antara akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru digunakan teknik analisis regresi linear berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara akreditasi sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan yaitu 2,229>1.692, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah yaitu 2,630>1.692, (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Swasta Santo Mikhael Pangururan yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,722, nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 0,522 yang berarti varians prestasi belajar 52% dijelaskan oleh kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, sedangkan 48% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 073 |
Keywords: | Akreditasi Sekolah; Persepsi Guru Mengenai Supervisi Kepala Sekolah; Kinerja Guru. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA51 Surveys (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:01 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20377 |