Gultom,, Debora Fronika (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X TKJ DI SMK TRI SAKTI 3. (TIK) LUBUK PAKAM T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341022 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 7123341022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM 7123341022 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 7123341022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM 7123341022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 7123341022 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 7123341022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM 7123341022 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
12. NIM 7123341022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 7123341022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
belum dikenali oleh siswa dan perilaku belajar yang masih kurang yang
mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X TKJ SMK.3 Tri Sakti Lubuk Pakam
Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ Di SMK.3
Tri Sakti Lubuk Pakam dengan jumlah 55 siswa. Teknik penggambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 55
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 22
butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,890 untuk variable
kecerdasan emosional dan 0,896 untuk variable perilaku belajar. Selain itu
digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar kewirausahaan. Teknik
analisis data yang digunakana dalah uji normalitas, linieritas, analisis regresi linier
berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini
dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur
pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada
penelitian ini yaitu, Y = 14,665+ 0,458 X1 + 0,423X2 . Selain itu determinasi nilai
Adjusted R Square sebesar 0,782 atau 78,2%. Berdasarkan hasil analisis data
dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran kewirausahaan 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
kewirausahaan. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 071 |
Keywords: | kecerdasan emosional; perilaku belajar; prestasi siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 07:30 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20373 |