Julian, Dodi (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMISISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123341024 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 7123341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
NIM 7123341024 ABSTRACT - Copy.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 7123341024 PERFACE - Copy.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
NIM 7123341024 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 7123341024 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 7123341024 ILLUSTRATION - Copy.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 7123341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
NIM 7123341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM 7123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah terdapat pengaruh antara perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah terdapat antara kecerdasaan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nur Azizi, Jalan Pahlawan Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 170 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 44 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional dan perilaku belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y =1,853+ 0,442X1 + 0,544X2 Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (10,766) > ttabel (1,682). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (19,390) > ttabel (1,682). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (1019,118) > Ftabel (3,23). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,980 yang artinya sebesar 98% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kecerdasan emosional (X1) dan perilaku belajar (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 069 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Perilaku belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 07:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20372 |