PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMISISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A. 2015/2016

Julian, Dodi (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMISISWA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 7123341024 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 ABSTRACT - Copy.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 ABSTRACT - Copy.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 PERFACE - Copy.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 PERFACE - Copy.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 ILLUSTRATION - Copy.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 ILLUSTRATION - Copy.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of NIM 7123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM 7123341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah terdapat pengaruh antara perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah terdapat antara kecerdasaan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nur Azizi, Jalan Pahlawan Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 170 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 44 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan emosional dan perilaku belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y =1,853+ 0,442X1 + 0,544X2 Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (10,766) > ttabel (1,682). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (19,390) > ttabel (1,682). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (1019,118) > Ftabel (3,23). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,980 yang artinya sebesar 98% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kecerdasan emosional (X1) dan perilaku belajar (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 NIAGA 069
Keywords: Kecerdasan Emosional; Perilaku belajar; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Oct 2016 07:26
Last Modified: 07 Oct 2016 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item
View Item