Muslim, Indra (2016) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341046 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123341046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
3. NIM 7123341046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM 7123341046 PERFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 7123341046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 7123341046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7123341046 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7123341046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7123341046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123341046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 7123341046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 7123341046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan, Jl brigjend H.A Manaf Lubis Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang Berjumlah 108 Orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 59 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabiitas angket .
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai thitung (4,829) >ttabel (1,672). (2) Ada pengaruh yang signfikan antara Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa, ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,803) >ttabel ( 1,672). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Perhatian Orangtua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai Fhitung ( 21,211) > Ftabel (3,16). Besarnya sumbangan atau kontribusi antar variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 43, 1 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 072 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orangtua; Perhatian Orangtua; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG201 Money L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 06:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20368 |