Purba, Rina Agustin Sulvaina (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7123141122 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2.NIM 7123141122 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
4.NIM 7123141122 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3.NIM 7123141122 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5.NIM 7123141122 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6.NIM 7123141122 TABLE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7.NIM 7123141122 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 7123141122 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9.NIM 7123141122 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13.NIM 7123141122 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14.NIM 7123141122 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran individual dan internal locus of control yang kurang baik menyebabkan rendahnya hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran individual dan internal locus of control terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Medan TA.2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Medan yaitu 76 siswa. Peneliti mengambil jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 76 siswa (total sampling). Sebanyak 20 butir soal digunakan untuk mengadakan pre-tes dan post-tes. Dan untuk angket internal locus of control,terdapat 25 butir pernyataan. Pre-tes/post-tes pembelajaran inidividual, dan kuisioner internal locus of control dinyatakan reliabel dengan alpha Cronbach. Masing-masing yaitu 0,901 dan 0,931.Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas (liliefors), uji homogenitas (bartlett) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji Anava faktorial 2x2.
Diperoleh hasil dari jumlah kuadrat antar baris (Jkb) dan rata-rata jumlah kuadrat antar baris (Rkb) sebesar 829,35 sehingga Fhitung yang diperoleh sebesar 13,61 dan Ftabel sebesar 3,97. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 13,61 > 3,97. Lalu diperoleh hasil dari jumlah kuadrat antar kolom (Jkk) dan rata-rata jumlah kuadrat antar kolom (Rkk) sebesar 3095,17 sehingga Fhitung yang diperoleh sebesar 50,81.Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 50,81 > 3,97. Serta diperoleh juga hasil jumlah kuadrat interaksi (JKbk), dan rata-rata jumlah kuadarat interaksi (RKbk) sebesar 259,42 sehingga diperoleh Fhitung sebesar 4,26. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 4,26 > 3,97. Melalui kriteria pengujian hipotesis yang ditentukan bahwa jika Fhitung > Ftabel maka hipotesis di terima.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh antara pembelajaran individual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. 2) Terdapat pengaruh antara internal locus of control terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh antara pembelajaran individual dan internal locus of control terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 095 |
Keywords: | Pembelajaran Individual; Internal Locus of Control; Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 04:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20363 |